Monday, February 4, 2013

masalah lampu chek engin menyala pada xenia dan avanza

Menurut pengalaman kami, dari beberapa kasus menyalanya check engine pada T. Avanza 1.300cc dan D. Xenia, terletak pada sistem wiring(kelistrikan) yang berhubungan dengan sensor temperatur udara yang terletak di samping filter udara..
Kami sudah sering menemukan kejadian tersebut, dan masalahnya terletak pada keterangan diatas tadi..
Dengan kejadian tersebut, kami menyimpulkan ada kesalahan pabrikan..
Gejala awal: Indikator check engine sering menyala secara tiba-tiba selama beberapa menit, kemudian menghilang tapi setelah beberapa lama akan timbul kembali..
Gejala kedua: Check Engine menyala seterusnya..
Menyalanya check engine tadi tidak menimbulkan perubahan apapun pada mesin. Sehingga banyak pengguna tidak menghiraukan hal tersebut. Tapi banyak juga para pengguna yang merasa khawatir dengan keadaan tersebut..
Langkah awal pengecekan:
Lepaskan isolator pengikat pada sensor temperatur intake manipold, kemudian coba tarik agak keras kabel socketnya. Kemudian kabel akan terlepas dengan sendirinya. Ini menandakan kabel tersebut terputus..
Kalau hanya dengan melihat tampilan luarnya, kabel masih utuh tidak terlihat kerusakan. Tetapi apabila ditarik kabel tersebut akan terlepas..
Langkah Selanjutnya:
Kupas ujung kabel, lepaskan karet isolator yang menutup ujung kabel yang terlepas tadi..sambungkan kabel yang sudah terkupas dengan menggunakan solder dan pastikan solderan tersebut sudah menempel dengan kuat..Tutup kembali karet isolator dan pasang kembali sensor tersebut pada tempat semula..lepaskan kepala accu selama 15 menit untuk mereset memori ECU dan pasangkan kembali..!!
Hidupkan mesin seperti biasa dan indikator check engine akan normal kembali..

No comments:

Post a Comment